Berburu Jajanan Pasar Tradisional Indonesia yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Budaya Indonesia memang sangat kaya, tak hanya dari berbagai macam suku saja, melainkan juga kebiasaan masyarakatnya. Salah satunya dalam hal panganan, wisata kuliner menjadi salah satu daya tarik wisatawan luar negeri untuk datang ke Indonesia. Ada banyak sekali menu makanan khas yang nikmat untuk dicoba, mulai dari menu makanan utama hingga yang tak kalah adalah jajanan. Masakan Indonesia sendiri memang memiliki ciri khas dibandingkan dengan menu makanan negara yang lainnya. Salah satunya adalah dari segi bumbu yang dipakai sangatlah banyak.

Itulah yang membuat cita rasanya juga sangat kuat dan tak mudah untuk dilupakan. Varian menu makanan yang nikmat tersebut bahkan bisa didapatkan hanya dengan biaya beberapa rupiah saja. Sehingga bisa makan nikmat tanpa harus menguras kantong terlalu dalam. Selain menu makanan utama, maka yang tak boleh dilewatkan ketika Anda ingin mencoba wisata kuliner adalah dari segi jajanan pasar yang tak kalah menggugah selera. Berikut ini diantara beberapa jenis jajanan pasar khas  yang wajib untuk dicicipi, diantaranya adalah:

  1. Kue serabi, pastinya bukan hal yang baru lagi bagi Anda dengan menu kue yang satu ini, serabi khas Bandung merupakan sebuah jajanan layaknya pancake, hanya saja dipanggang di atas sebuah wajan tradisional yang terbuat dari tanah liat, kemudian diberi dengan topping parutan kelapa, aromanya khas dan sangat menggugah selera.
  2. Kue lumpur, jangan salah meskipun namanya kue lumpur, namun tidak terbuat dari lumpur. Kue lumpur ini merupakan sebutan untuk sebuah kue yang lembut seperti lumpur. Adonan dibentuk seperti sebuah mangkuk kecil dengan topping yang bervariasi, namun umumnya memakai kismis sebagai topping.
  3. Klepon, kue klepon memiliki bentuk bulatan hijau yang diisi dengan gula merah, sebagai topping tambahan maka ada parutan kelapa yang ditaburkan di bagian atasnya, untuk menambah rasa gurih pada kue tersebut. Harganya murah dan sangat mudah untuk dijumpai di pasaran.
  4. Onde-onde, onde-onde dibuat dari tepung beras ketan yang dibuat menyerupai bulatan, isinya sangat bervariasi, namun umumnya menggunakan kacang hijau sebagai bahan isi, sebagai pelengkap, maka di bagian atasnya diberikan biji wijen untuk menambah cita rasa semakin gurih.
  5. Kerak telor, jajanan yang satu ini khas dari Betawi, merupakan sajian telur dengan beras ketan yang dimasak dalam wajan menggunakan teknik unik, yaitu dengan cara membaliknya. Selain enak ia juga dikenal sangat mengenyangkan, karena satu porsi kerak telor biasanya ditawarkan dalam satu piring penuh.

Itulah setidaknya menu jajanan khas Indonesia yang bisa dengan mudah dijumpai di pasar. Khususnya pada pagi hari, Anda bisa berburu masakan Indonesia tersebut tanpa harus takut akan menguras kantong.

 

Leave a Comment